HIMKI dan Dewan Bisnis Yordania Indonesia (IJBC) telah menandatangani perjanjian kerjasama untuk membangun House of Indonesia (HoI) di Amman, Yordania pada 14 Februari 2018 di  Noble House Lt. 27 Mega Kuningan Jakarta. House of Indonesia adalah fasilitas yang digunakan untuk menampilkan produk mebel dan kerajinan, maupun jasa yang berasal dari anggota HIMKI. Perjanjian ini berlaku selama sepeuluh (10) tahun sejak ditandatangani dan efektif terhitung sejak tanggal 14 Februari 2018 sampai dengan 13 Februari 2028

House of Indonesia ini akan dikelola pihak ketiga. Pihak inilah yang akan bekerjasama dengan IJBC dan HIMKI dalam pendanaan, pembangunan, pengelolaan serta pemeliharaan House of Indonesia yang pelaksanaannya akan diatur dalam perjanjian yang terpisah. Pihak-pihak yang telah menandatangani perjanjian ini sepakat untuk membentuk Badan Kerjasama yang bernama Badan Kerjasama House of Indonesia (BKHOI).

BKHOI ini menetapkan Komite Bersama untuk menentukan seluruh kebijakan, tujuan, strategi, dan tindakan yang dibutuhkan terkait Perjanjian dengan Pihak Ketiga. Komite Bersama terdiri dari empat (4) anggota yang terdiri dari dua (2) orang perwakilan IJBC dan dua (2) orang perwakilan dari HIMKI. Masing-masing pihak berhak menunjuk seorang pengganti untuk bertindak, apabila anggota tetapnya berhalangan. Setiap pengganti yang bertindak demikian akan dianggap sebagai anggota penunjukan akan dilakukan atau dirubah dengan pemberitahuan kepada pihak lainnya.

Komite Bersama bertugas memberikan laporan kerja setiap bulan terkait pelaksanaan pembangunan, pengelolaan dan pemeliharaan House of Indonesia secara tertulis kepada BKHOI. Komite bersama berhak untuk membentuk tim pelaksana guna melaksanakan program-program yang akan dibuat. Semua keputusan Komite Bersama membutuhkan persetujuan dari sekurang-kurangnya tiga (3) anggota Komite Bersama agar dapat berlaku. Jika terdapat deadlock (jalan buntu) dalam Komite Bersama maka Para Pihak akan melakukan musyawarah dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari.

Pembagian tugas

Dalam pasal 5 Perjanjian Kerjasama tersebut ditegaskan mengenai pembagian tugas masing-masing pihak. Tugas IJBC adalah: pertama, IJBC bertugas untuk membantu mendapatkan lahan di Yordania beserta pemenuhan perizinan yang dibutuhkan di Yordania dalam pelaksanaan pembangunan House of Indonesia. Kedua, IJBC bertugas melakukan komunikasi dan sosialiasi kepada anggota IJBC dalam pelaksanaan pembangunan House of Indonesia.

Ketiga, IJBC bertugas menjamin peran serta anggota IJBC dalam seluruh kegiatan di waktu mendatang yang akan dilaksanakan di House of Indonesia. Keempat, IJBC bertugas memberikan dukungan untuk memfasilitasi Pihak Ketiga dengan pemerintah Indonesia dan Yordania agar dapat terlaksananya pembangunan House of Indonesia. Kelima, IJBC membantu untuk memfasilitasi Pihak Ketiga dalam mendapatkan Sponsor untuk pembangunan House of Indonesia.

Sedangkan tugas HIMKI adalah: pertama, HIMKI bertugas membantu segala perizinan yang dibutuhkan oleh pengusaha/perusahaan Indonesia dalam mengikuti acara ataupun kegiatan yang akan diselenggarakan di House of Indonesia. Kedua, HIMKI bertugas melakukan komunikasi dan sosialiasi kepada anggota HIMKI dalam pelaksanaan pembangunan House of Indonesia.

Ketiga, HIMKI bertugas menjamin peran serta anggota HIMKI dalam seluruh kegiatan di waktu mendatang yang akan dilaksanakan di House of Indonesia.Ketiga, HIMKI bertugas untuk membantu pengadaan terhadap penyediaan bahan baku serta desain atas rancangan pembangunan House of Indonesia. Kelima, HIMKI membantu untuk memfasilitasi Pihak Ketiga dalam mendapatkan sponsor untuk pembangunan House of Indonesia.

Pengembangan pasar

Ditandatanganinya perjanjian kerjasama antara HIMKI dan Dewan Bisnis Yordania Indonesia (IJBC) tersebut merupakan rangkaian dari adanya penandatanganan nota kesepakatan untuk melakukan kerjasama dalam rangka pengembangaan pasar dan investasi produk mebel dan kerajinan dan industri panel Indonesia di Yordania yang dilaksanakan pada 10 Oktober 2017.

Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk meningkatkan kerjasama dalam rangka pengembangan pasar dan investasi produk mebel dan kerajinan  dan industri panel Indonesia di Yordania yang saling menguntungkan. Kesepakatan bersama ini juga bertujuan untuk membentuk pola pengembangan pasar dan investasi produk mebel dan kerajinan Indonesia dan industri panel di Yordania yang saling membutuhkan, saling menguntungkan dan berkelanjutan.

Dan dalam rangka meningkatkan ekspor mebel dan kerajinan Indonesia ke Yordania dan negara-negara Arab lainnya, HIMKI dan IJBC sepakat membangun House of Indonesia (HoI) di Amman, Yordania. Target berdirinya HoI sekitar bulan Juli-Agustus 2018. HIMKI bersama IJBC bersama-sama dalam hal manajemen pengelolaan HoI, mulai dari pengadan rumah dan isinya yang akan menjadi Indonesian Iconic, design development, dan pembelian, pembuatan system, dst.

HIMKI dan IJBC sepakat saling membantu dalam pengembangan pasar dan investasi produk mebel dan kerajinan dan industri panel Indonesia di Yordania, melalui fasilitasi kebijakan kemudahan memasuki pasar dan investasi untuk produk mebel dan kerajinan dan industri panel Indonesia bagi anggota HIMKI.

Pelaksanaan kesepakatan bersama ini akan dilakukan dalam tiga tahap, yaitu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Dalam jangka pendek akan meningkatkan ekspor/impor produk mebel dan kerajinan dan industri panel Indonesia. Dalam jangka menengah mulai eskpor/impor produk setengah jadi  mebel dan kerajinan Indonesia yang akan diolah menjadi produk jadi mebel dan kerajinan dan industri panel  Indonesia di Yordania. Dan dalam jangka panjang akan melakukan kerjasama investasi pengembangan industri mebel dan kerajinan dan industri panel Indonesia di Yordania. maulana s jaelani