Dalam rangka untuk menerapkan kebijakan pengembangan industri yang baik dan efektif diperlukan dukungan data yang valid dan up to date. Untuk itu Kementerian Perindustrian membangun Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) dimana masing-masing industri wajib meng up date data industrinya.

Guna mencapai target tersebut Kementerian Perindustrian mengundang asosiasi-asosiasi dibawah binaannya untuk mengikuti sosialisasi tata cara pengisian data SIiNas yang dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2018 di Hotel Salak The Heritage Bogor, Jawa Barat.

Peserta rapat adalah perwakilan dari perusahaan yang menangani data perusahaan dengan syarat membawa laptop dan fotokopi dokumen yang diperlukan seperti IUI/IUT, NPWP, SIUP, TDP, APIP/APIU dan surat kuasa asli dari perusahaan.

Yang wajib melaporkan data ini ke Kementerian Perindustrian adalah perusahaan industri dan kawasan industri. Kementerian perindustrian menjamin kerahasiaan data-data yang masuk. Data yang dilaporkan hanya bisa dilihat oleh perusahaan yang bersangkutan dan Direktur dari Direktorat yang bersangkutan.

Bagi peserta yang hadir di acara sosialisasi ini langsung diberikan password untuk membuka akun SIINas. Sedangkan bagi yang tidak hadir bisa mengaksesnya melalui HTTPS://DRIVE.GOOGLE.COM/FILED/1UKPFIUJMEFBUPMODE2E4BN2T1BGB_NW/VIEW?USP=SHARING.

Peserta rapat juga mendapat bimbingan tentang tatacara input data ke SIINas, yang berisi antara lain: kapasitas terpasang, mesin yang digunakan, kebutuhan bahan baku, pengunaan energi, penggunaan air baku, pengolahan limbah dan sebagainya.