Tangerang – Presiden Joko Widodo meresmikan pameran dagang terbesar di Indonesia berskala dunia, Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 di ICE BSD, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Rabu (24/10/2018). Bersama Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita dan Gubernur Banten, Wahidin Halim, mereka memukul kendang tanda dibukanya TEI yang sudah berlangsung 33 kali itu.

Setelah pembukaan, Jokowi menuju ke hall 3 tempat dimana Furniture, Furnishing, and Craft berada. Para pengurus HIMKI menyambut Presiden RI di stand masing-masing. Jokowi disambut oleh Ketua Umum HIMKI Ir. Soenoto dan Sekretaris Jenderal HIMKI Abdul Sobur. Kepada pengurus HIMKI, Jokowi berpesan agar HIMKI mengundang investor asing untuk industri mebel Indonesia.

Untuk memenuhi pesan tersebut, HIMKI akan melakukan presentasi “Furniture Industry Supply Chain Summit Forum - New Material, New Retail, New Finance” di China pada awal November 2018 dengan narasumber: pertama, Imam Soejoedi, Direktur Promosi Sektoral BKPM dengan topik “Regulasi Investasi di Indonesia”. Kedua, Au Bintoro, Owner Olympic Group and Dewan Penasehat HIMKI dengan topik “Kondisi Riil Industri Furniture dan Kerajinan Indonesia”.

Pesan Presiden tersebut tentu sesuai dengan upaya HIMKI dalam rangka meningkatkan investasi di bidang mebel, khususnya dari China. Sebelumnya, HIMKI bersama dengan BKPM memang bermaksud melakukan roadshow dan mengikuti Gathering yang akan dihadiri oleh 1000 pengusaha dari China dan dari negara-negara lain di kawasan Asia. Acara ini diselenggarakan oleh Dongguan Furniture Association, Guangdong China, yang berlangsung pada tanggal 7-9 November 2018. Hal ini dilakukan sehubungan dengan perang dagang antara Amerika Serikat dan China, dimana Indonesia dipastikan akan menjadi tujuan investasi yang menarik bagi para investor asing.


Pada TEI 2018, HIMKI menampilkan produk-produk terbaiknya dari 8 perusahaan yang tergabung dalam Paviliun HIMKI, seperti dari PT. Erlangga B.N.H. (mebel rotan), PT. Kharisma Rotan Mandiri (mebel rotan dan kayu), CV. Debough Indonesia (mebel kayu), PT. Global Kriya Nusantara (mebel & craft), CV. Cocoon Asia (mebel kayu), CV. Aksen (mebel dan kerajinan). Diluar Paviliun HIMKI, terdapat beberapa perusahaan, antara lain: PT. Home Fashion, PT. Belladonna, dan lain-lain. maulana s jaelani