HIMKI menjadi Pembicara pada Forum “Furniture Industry Supply Chain Summit” dengan judul ‘New Material, New Retail, New Finance’ pada 7 November 2018 di Dongguan, Guangdong, Cina yang dihadiri sekitar 200 pengusaha mebel dari China dan dari negara kawasan Asia. Pada kesempatan tersebut Sekretaris Jenderal HIMKI, Abdul Sobur, mengulas “Kondisi Aktual Industri Furniture dan Kerajinan Indonesia” dan Direktur Pemberdayaan Usaha BKPM, Randi Anwar, dengan topik “Regulasi Investasi di Indonesia”.

Setelah acara tersebut delegasi Indonesia melakukan penjajakan kerjasama melalui business meeting dan factory visit dan pihak China menyambut baik kehadiran delegasi ini. Acara tersebut diselenggarakan oleh Dongguan Furniture Association, Guangdong China, yang berlangsung pada tanggal 6-9 November 2018.

Adanya kerjasama tersebut tentu tidak lepas dari arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo setelah membuka Pameran Trade Expo Indonesia (TEI) di ICE BSD Tangerang pada tanggal 24 Oktober 2018 agar HIMKI mengundang investor asing untuk industri mebel dan kerajinan di Indonesia.

Kunjungan delegasi HIMKI ke China merupakan langkah jemput bola HIMKI berkaitan dengan terjadinya perang dagang antara Amerika Serikat dan China, dimana Indonesia akan menjadi tujuan investasi yang menarik bagi para investor asing, terutama China. Kunjungan ini juga merupakan upaya HIMKI meningkatkan investasi di bidang mebel khususnya dari China. maulana s jaelani