Jepara – Para pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) Jepara, siap menyambut pelaksanaan Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2019. Acara ini digelar pada tanggal 11-14 Maret 2019 mendatang di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran Jakarta. Kegiatan ini diawali dengan roadshow di sejumlah kota besar, termasuk di Kabupaten Jepara.

Acara ini dihadiri ratusan pengusaha dari berbagai asosiasi di Jepara. Dalam pameran tahunan ini, pengusaha Jepara masih mendominasi stand pameran. Tahun ini saja lebih dari 50 pengusaha yang berpartisipasi, sedangkan kota lain hanya lima sampai 10 perusahaan.

“Kami akan mengundang sejumlah asosiasi, dinas terkait, dan pelaku usaha di Jepara. Kegiatan ini untuk merangsang perusahaan yang tak pernah ikut, agar bisa bergabung dalam pameran IFEX 2019,” ungkap Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HIMKI Jepara, Masykur Zaenuri.

Dikatakan hingga saat ini sudah ada 31 perusahaan dari Kota Ukir yang siap ikut pameran mebel business to business terbesar di Indonesia itu. Masih ada tambahan yang disubsidi pemerintah.

Dia menuturkan, IFEX merupakan ajang unjuk gigi bagi perajin Jepara. Gelaran ini juga selalu dinantikan pelaksanaannya oleh pemain industri mebel dan kerajinan, baik dalam maupun luar negeri. “Dari tahun ke tahun kami menerima feedback yang baik. Tidak hanya dari para pemain dan buyer lokal, tapi buyer luar negeri,” katanya.

Berbeda dari tahun sebelumnya, DPD HIMKI Jepara menyiapkan strategi khusus untuk menyambut para buyer dari luar negeri. Selain gerai yang sudah disediakan di dalam JIExpo, DPD HIMKI Jepara juga akan membuat pameran kota sendiri. Pameran ini, semacam gerai informasi yang dibuka seperti di bandara hingga di Jepara sendiri. “Jadi, kami akan mengarahkan para buyer mulai dari Jakarta untuk datang langsung ke Jepara,” katanya.

Sekretaris DPD HIMKI Jepara, Yuli Kusdiyanto menambahkan, tak seperti halnya pameran yang sifatnya terbuka. Pameran kota dibuka masing-masing perusahaan. Harapannya, setelah sampai di Jepara para buyer akan diarahkan sesuai dengan kebutuhan mereka.,” imbuhnya. (war/lin)